relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7810/ title: EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013 creator: LINDAWATI, NIM. 09420062 subject: Pendidikan Bahasa Arab description: Lindawati. Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTsN Wonokromo Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran bahasa Arab dengan penerapan model cooperative learning tipe spontaneous group discussion (SGD) dilengkapi teknik kancing gemerincing daripada metode ceramah terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen (Experimental Research), Penelitian experiment research ini dilakukan dengan pemberian perlakuan (treatment) kepada suatu kelas yang selanjutnya disebut dengan kelas eksperimen akan diperbandingkan dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan (treatment) yang selanjutnya disebut kelas kontrol. Adapun siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 siswa, yang terdiri dari kelas A yang dijadikan sebagai kelas eksperiment dengan jumlah 31 siswa dan kelas B yang dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis komparatif dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan model cooperative learning tipe spontaneous group discussion (SGD) dilengkapi teknik kancing gemerincing lebih efektif secara signifikan daripada metode ceramah terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan menggunakan bantuan SPSS 16. Hasil output menunjukkan bahwa pada uji independent sample t-test nilai post test siswa kelas sampel didapat bahwa nilai sig. sebesar 0,002 < 0,05, maka H0 ditolak. Berarti rata-rata nilai post test siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai post test siswa kelas kontrol. date: 2013-05-08 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7810/31/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7810/1/BAB%20II%2C%20III.pdf identifier: LINDAWATI, NIM. 09420062 (2013) EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN WONOKROMO BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.