@phdthesis{digilib7880, month = {April}, title = {IMPLEMENTASI MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS V B SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09420169 MIFTAKHUL FALAH ISLAMI}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7880/}, abstract = {Miftakhul Falah Islami. Implementasi Media Flash Card Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa kelas V B SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media Flash Card dalam proses pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab kelas V B SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini tediri dari dua siklus terhadap 20 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Flash Card dalam proses pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab kelas V B SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta yang terjadi dalam dua siklus. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah nilai rata-rata kelas ulangan harian pra tindakan yaitu 61, nilai rata-rata kelas pada ulangan harian pada siklus I yaitu 79,75, dan siklus II yaitu 91. Dari data tersebut dapat dilihat adanya peningkatan nilai rata-rata kelas antara ulangan harian pra tindakan dengan siklus I sebesar 18,75 dan peningkatan nilai rata-rata ulangan harian antara siklus I dengan siklus II sebesar 10,25. Sedangkan peningkatan nilai rata-rata kelas antara ulangan harian pra tindakan dengan siklus II yaitu 29. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Flash Card dalam proses pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab kelas V B SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Umbulharjo Yogyakarta. } }