%0 Thesis %9 Skripsi %A ISTIKOMAH, NIM. 07600085 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2012 %F digilib:7919 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DIBANDING METODE LEARNING START WITH A QUESTIONS (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7919/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) dibandingkan dengan metode ekspositori, metode Learning Start with a Questions (LSQ) dibandingkan dengan metode ekspositori dan metode Numbered Heads Together (NHT) dibandingkan dengan metode Learning Start with a Questions (LSQ) ditinjau dari peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Desain dalam penelitian ini menggunakan Noneequivalent Control Group Design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada kelas eksperimen 1, metode pembelajaran Learning Start with a Questions (LSQ) pada kelas eksperimen 2 dan metode pembelajaran ekspositori pada kelas kontrol, dan variabel terikat berupa pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1, kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 dan VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data penelitian berupa tes. Teknik analisis data menggunakan ANOVA dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif dibandingkan dengan metode ekspositori, metode Learning Start with a Questions (LSQ) tidak lebih efektif dibandingkan dengan metode ekspositori dan metode Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif dibandingkan dengan metode Learning Start with a Questions (LSQ) ditinjau dari peningkatan pemahaman konsep siswa. Keyword: Numbered Heads Together, Learning Start with a Questions, pemahaman konsep.