<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)\r\nDAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI\r\nSISWA SMP NEGERI 2 LENDAH \r\nTAHUN AJARAN 2011/2012 \r\n"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya perbedaan hasil\r\nbelajar pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT,\r\ntipe STAD, dan model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui hasil belajar\r\nsiswa pada kelas yang manakah yang lebih tinggi, yang menggunakan model\r\npembelajaran kooperatif tipe TGT atau STAD jika dibandingkan dengan kelas\r\nyang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui tanggapan\r\nsiswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD. \r\nPenelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian\r\nyang digunakan adalah pretest posttest control group design dengan dua macam \r\nperlakuan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2\r\nLendah, Kulon Progo, Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah tiga kelas yaitu \r\nkelas VIIA sebagai kelas eksperimen TGT, kelas VIIC sebagai kelas eksperimen\r\nSTAD, dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan \r\nrandom sampling menggunakan undian. Data hasil tes siswa dianalisis\r\nmenggunakan analisis varians satu jalur (One Way Anova) dan data angket \r\ntanggapan siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Pengujian dilakukan\r\nmenggunakan program SPSS 16 for Windows. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang sangat\r\nsignifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran TGT, STAD, dan\r\nkonvensional dengan signifikansi P < 0,05; (2) Hasil belajar menggunakan model\r\npembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi yaitu sebesar 79,97 daripada STAD\r\nsebesar 78,23 dan lebih tinggi dari pembelajaran konvensional sebesar 68,90. (3)\r\nPara siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model\r\npembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD dengan persentase rata-rata\r\ntanggapan positif siswa sebesar 87,35%. Pembelajaran kooperatif tipe TGT\r\nbernilai lebih dengan adanya kegembiraan yang diperoleh dari pembelajaran yang\r\nmenyenangkan daripada tipe STAD yang murni bersifat kooperatif.\r\n \r\nKata Kunci: Komparasi, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, model\r\npembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar siswa"^^ . "2012-10-01" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08680036"^^ . "ANDINA WAHYU WIDYASARI"^^ . "NIM. 08680036 ANDINA WAHYU WIDYASARI"^^ . . . . . . "KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)\r\nDAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI\r\nSISWA SMP NEGERI 2 LENDAH \r\nTAHUN AJARAN 2011/2012 \r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)\r\nDAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI\r\nSISWA SMP NEGERI 2 LENDAH \r\nTAHUN AJARAN 2011/2012 \r\n (Text)"^^ . . . "KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)\r\nDAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI\r\nSISWA SMP NEGERI 2 LENDAH \r\nTAHUN AJARAN 2011/2012 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)\r\nDAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI\r\nSISWA SMP NEGERI 2 LENDAH \r\nTAHUN AJARAN 2011/2012 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)\r\nDAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI\r\nSISWA SMP NEGERI 2 LENDAH \r\nTAHUN AJARAN 2011/2012 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)\r\nDAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI\r\nSISWA SMP NEGERI 2 LENDAH \r\nTAHUN AJARAN 2011/2012 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)\r\nDAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI\r\nSISWA SMP NEGERI 2 LENDAH \r\nTAHUN AJARAN 2011/2012 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)\r\nDAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI\r\nSISWA SMP NEGERI 2 LENDAH \r\nTAHUN AJARAN 2011/2012 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)\r\nDAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI\r\nSISWA SMP NEGERI 2 LENDAH \r\nTAHUN AJARAN 2011/2012 \r\n (Other)"^^ . . . . . . "KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nKOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT)\r\nDAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nTERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI\r\nSISWA SMP NEGERI 2 LENDAH \r\nTAHUN AJARAN 2011/2012 \r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #7927 \n\nKOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN \nKOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) \nDAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \nTERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI \nSISWA SMP NEGERI 2 LENDAH \nTAHUN AJARAN 2011/2012 \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Biologi" . .