%A NIM. 08680036 ANDINA WAHYU WIDYASARI %T KOMPARASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 2 LENDAH TAHUN AJARAN 2011/2012 %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, tipe STAD, dan model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui hasil belajar siswa pada kelas yang manakah yang lebih tinggi, yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT atau STAD jika dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design dengan dua macam perlakuan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lendah, Kulon Progo, Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah tiga kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen TGT, kelas VIIC sebagai kelas eksperimen STAD, dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling menggunakan undian. Data hasil tes siswa dianalisis menggunakan analisis varians satu jalur (One Way Anova) dan data angket tanggapan siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Pengujian dilakukan menggunakan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran TGT, STAD, dan konvensional dengan signifikansi P < 0,05; (2) Hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi yaitu sebesar 79,97 daripada STAD sebesar 78,23 dan lebih tinggi dari pembelajaran konvensional sebesar 68,90. (3) Para siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD dengan persentase rata-rata tanggapan positif siswa sebesar 87,35%. Pembelajaran kooperatif tipe TGT bernilai lebih dengan adanya kegembiraan yang diperoleh dari pembelajaran yang menyenangkan daripada tipe STAD yang murni bersifat kooperatif. Kata Kunci: Komparasi, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar siswa %D 2012 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib7927