<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI\r\nKEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR\r\nALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI\r\nSEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar biologi\r\nyang tepat untuk siswa tuna netra dan mengetahui kelayakan bahan ajar biologi\r\nsebagai sumber belajar bagi siswa tuna netra berupa modul sensitif difabel. Bahan\r\najar ini dimodifikasi sesuai kebutuhan guru untuk mengajar siswa tuna netra dan\r\ndilengkapi lembar khusus siswa tuna netra sebagai bahan pelengkap/ penunjang\r\nproses pembelajaran serta menggunakan strategi pembelajaran adaptif.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan prosedural dengan\r\nmenggunakan desain penelitian model ADDIE(Analysis, Design, Development,\r\nImplementation and Evaluation). Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat\r\nkelayakan bahan ajar ini yaitu lembar angket yang mencakup beberapa kriteria yaitu\r\nkriteria kualitas isi, metode penyajian, penggunaan bahasa, penggunaan modifikasi\r\nmodul khusus tuna netra, kualitas kelengkapan/ bahan penunjang, kualitas fisik dan\r\nketerlaksanaan. Subjek dalam penelitian ini diartikan sebagai responden yaitu yang\r\nterdiri dari 1 orang dosen ahli materi, 1 orang dosen ahli media terkait pendidikan, 1\r\norang ahli media terkait difabilitas, 3 orang peer reviewer, 2 orang guru biologi dan 5\r\nsiswa tuna netra kelas X MAN Maguwoharjo Yogyakarta. Sedangkan objek\r\npenelitian adalah bahan ajar dalam bentuk modul sensitif difabel untuk mengajar\r\nsiswa tuna netra. Penilaian produk pengembangan bahan ajar ini menggunakan desain\r\nanalisis deskriptif kualitatif.\r\nHasil penelitian yang pertama yaitu telah berhasil dikembangkan bahan ajar\r\ndalam bentuk modul sensitif difabel untuk mengajar siswa tuna netra dengan\r\nmenggunakan desain penelitian model ADDIE. Hasil penelitian yang kedua yaitu\r\nmengetahui kelayakan bahan ajar dalam bentuk modul sensitif difabel untuk mengajar\r\nsiswa tuna netra berdasarkan penilaian responden yang terdiri dari 1 orang dosen ahli\r\nmateri, 1 orang dosen ahli media terkait pendidikan, 1 orang dosen ahli difabilitas, 3\r\norang peer reviewer, 2 orang guru biologi, dan 5 orang siswa tuna netra MAN\r\nMaguwoharjo Yogyakarta. Dari penilaian tersebut diperoleh skor rata-rata menurut\r\nahli materi sebesar 98 dari nilai maksimal 105 dengan persentase 93%, menurut ahli\r\nmedia skor rata-rata 89 dari nilai maksimal 105 dengan persentase 85%, menurut ahli\r\ndifabilitas skor rata-rata 97 dari nilai maksimal 105 dengan persentase 92%, menurut\r\npeer reviewer skor rata-rata 85 dari nilai maksimal 105 dengan persentase 82%,\r\nmenurut guru biologi skor rata-rata 84,5 dari nilai maksimal ideal 105 dengan\r\npresentase keidealan 80%, sedangkan menurut siswa skor rata-rata 54 dari nilai\r\nmaksimal 60 dengan persentase 89%.\r\nxviii\r\nBerdasarkan penilaian yang diperoleh tersebut bahan ajar ini memiliki\r\nkategori Sangat Baik (SB) maka bahan ajar berupa Modul Sensitif Difabel untuk\r\nMengajar Siswa Tuna netra Submateri Keanekaragaman Tumbuhan Kelas X\r\nSemester II SMA/MA layak digunakan sebagai bahan ajar.\r\nKata kunci: Inklusif, Pembelajaran Biologi, Bahan Ajar, Modul Sensitif Difabel,\r\nSiswa Tuna Netra"^^ . "2012-07-18" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08680003"^^ . "DEWI KURNIASIH"^^ . "NIM. 08680003 DEWI KURNIASIH"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI\r\nKEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR\r\nALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI\r\nSEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI\r\nKEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR\r\nALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI\r\nSEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI\r\nKEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR\r\nALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI\r\nSEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI\r\nKEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR\r\nALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI\r\nSEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI\r\nKEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR\r\nALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI\r\nSEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI\r\nKEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR\r\nALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI\r\nSEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI\r\nKEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR\r\nALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI\r\nSEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI\r\nKEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR\r\nALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI\r\nSEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI\r\nKEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR\r\nALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI\r\nSEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI\r\nKEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR\r\nALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI\r\nSEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #7954 \n\nPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI \nKEANEKARAGAMAN TUMBUHAN SEBAGAI BAHAN AJAR \nALTERNATIF UNTUK MENGAJAR SISWA TUNA NETRA DI \nSEKOLAH INKLUSIF MAN MAGUWOHARJO \nYOGYAKARTA \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Biologi" . .