%0 Thesis %9 Skripsi %A FAIZAH, NIM. 09420057 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:7970 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING Tipe “ TGT ” (Teams Games Tournaments) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS ALI-MAKSUM PUTRI TAHUN AJARAN 2012/ 2013 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7970/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model TGT terhadap hasil belajar behasa Arab. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, teknik pengambilan datanya yaitu dengan uji pretes dan postes kepada peserta didik dan menggunakan spss 16.0 berupa uji t dua sampel berpasangan (Independent Sampel t Tes). Hasil penelitian menunjukkan: Model pembelajaran kooperatif learning tipe TGT sangat berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini terbukti dari uji hipotesis yang menyatakan bahwa Nilai T yang di peroleh dari hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari T tabel. hitung Dari pengolahan data uji t independent sampel berpasangan diperoleh nilai pretes dan postes hasil belajar kelas eksperimen nilai T hitung sebesar 2.492 lebih besar dari nilai T sebesar 1.998, Sig (2 tailed) 0.015 dan nilai rata-rata pretes dan postes eksperimen sebesar 31.12 lebih besar dari kelas kontrol 26.63. . tabel Dengan melihat perbedaan skor dari masing-masing kelompok tersebut, bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.