@article{digilib7972, month = {July}, title = {AL-KIFAYAH AL-TISHALIYAH FI TA'LlM AL-LUGHAH AL-ARABIYAH AL-QAIM ALA KIFAYAT}, author = {- FISKA ILYASIR}, year = {2006}, journal = {Al-Arabiyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3 No 1 Juli 2006}, keywords = {Kompetensi komunikatif, belajar bermakna, bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7972/}, abstract = {Dengan diterapkannya asas kompetensi dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia, segala aktifitas pembelajaran harus mengarah ke pengembangan kompetensi siswa, kognitif, afektifdan psikomotorik. Asas kompetensi ini mempunyai beberapa karakteristik yang membedakannya dengan asas pembelajaran lain, yaitu karakteristik belajar bermakna, belajar kontekstual dan profesionalitas guru pengajar. Begitujuga dalam pembelajaran bahasa Arab, kompetensi siswa dalam penguasaan bahasa Arab harus dikembangkan baik kemampuan produktif ataupun kemampuan reseptif. Dalam ilmu linguistik, kemampuan menggunakan bahasa dalam aktifitas komunikasi disebut dengan kompetensi komunikatif. Konsep kompetensi ini diklasifikasikan ke dalam empat bagian: Kompetensi Gramatikal, Kompetensi Sosiolinguistik, Kompetensi Wacana, dan Kompetensi Startegik. Dengan variabel-variabel tersebut maka disini penulis mencoba untuk mengangkat sebuah konsep pembelajaran bahasa Arab berbasis kompetensi yang berupaya meningkatkan Kompetensi Komumkatifberbahasa Arab pada diri siswa madrasah di Indonesia pada umumnya.} }