%0 Journal Article %A MUHAJIR , - %D 2004 %F digilib:7984 %J Al-'Arabiyah Vol.1, No.1, Juli 2004 %K bahasa arab, metodologi pengajaran %T BOOK REVIEW METODOLOGI PENGAJARAN BAHASA ARAB %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7984/ %X Gagasan serta ide-ide yang tertuang di dalam buku karya Ahmad Fuad Effendy "Metodologi Pengajamn Baliasa Arab", adalah sebuah buku yang ditulis dalam rangka pemenuhan program proyek Due-Like. Banyak kelebihan tentunya di dalam buku ini yang tidak bisa kita nafikan begitu saja. Di antara kelebihan buku yang ditulis Ahmad Fuad Effendy (selanjutnya disebut Fuad) adalah bahwa buku ini agak komprehensif di dalam membahas teori-teori pengajaran bahasa asing (Arab), yang tidak hanya dilihat dari sudut pandang metodologi per se, akan tetapi juga ditinjau dari segi psikologi, dan linguistik. Selain itu juga dituliskan contoh-contoh konkrit yang ada dalam pengajaran bahasa Arab, membuat buku tersebut menjadi layak untuk dibaca bagi para pemerhati dan praktisi pengajaran bahasa Arab. Yang tidak kalah penting juga bahwa di dalam buku tersebut memuat contohcontoh silabus serta contoh format penilaian yang tentunya disesuaikan dengan kemahiran apa yang ingin dicapai dalam belajar bahasa Arab.