@phdthesis{digilib8006, month = {May}, title = {KORELASI TINGKAT KEAKTIFAN MENGIKUTI PROGRAM MEMBACA AL-QUR?AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS HASYIM ASY?ARI PIYUNGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09420164 AHMAD ABDA ZARONJA }, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8006/}, abstract = {Ahmad Abda Zaronja, Korelasi Tingkat Keaktifan Mengikuti Program Membaca Al-Qur?an Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Hasyim Asy?ari Piyungan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya korelasi antara tingkat keaktifan mengikuti program membaca al-Qur?an terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy?ari Piyungan Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy?ari Piyungan tahun pelajaran 2012/2013 terdiri dari 3 kelas yang keseluruhan siswanya berjumlah 75 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment data kelompokan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Tingkat keaktifan mengikuti program membaca al-Qur?an siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy?ari Piyungan Tahun Pelajaran 2012/2013 berada pada kategori sedang. Terbukti bahwa 19\% memiliki tingkat keaktifan dalam kategori tinggi, 62\% memiliki tingkat keaktifan dalam kategori sedang dan 19\% memiliki tingkat keaktifan dalam kategori rendah. 2) Prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy?ari Piyungan Tahun Pelajaran 2012/2013 berada pada kategori cukup. Terbukti bahwa 19\% memiliki tingkat prestasi belajar bahasa Arab dalam kategori baik, 64\% memiliki tingkat prestasi belajar bahasa Arab dalam kategori cukup, 11\% menunjukkan tingkat tingkat prestasi belajar bahasa Arab dalam kategori kurang. 3) Terdapat korelasi yang positif antara tingkat keaktifan mengikuti program membaca alQur?an terhadapat prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy?ari Piyungan tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan nilai atau yang besarnya 0,848 adalah jauh lebih besar dibandingkan baik pada taraf signifikansi 5\% ataupun 1\% (yang besarnya 0,232 dan 0,302). Hal tersebut membuktikan bahwa semakin tinggi tingkat keaktifan siswa mengikuti program membaca al-Qur?an maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar bahasa Arab mereka. } }