%A ABDUL Aziz %J Al-Bidayah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah %T SAEFUDIN MENANAMKAN AKHLAQ MAHMUDAH KEPADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA %X Artikeiini bertujuan untuk memaparkan langkah-langkahyangdapatditempuh untuk menanamkan akhlaq mahmudah kepada siswa dalam pembeiajaran matematika. Matematika yang memiliki obyek kajian yang abstrak seringkali menjadi kendala tersendiri bagiguru untuk mengembangkan kemampuan afektif siswa. Padahal sebenarnya dalam pembeiajaran matematika, guru dapat mengembangkan dan menanamkan berbagai bentuk sikap positifseperti kejujuran, ketelitian, hemat, percaya dirit bertanggungjawab, kerjasamadangotongroyong. Proses penanaman berbagai bentuk akhlaq tersebutjuga dapat melalui berbagai cara, antara lain melalui bahan materi matematika yang sedang disampaikan guru atau pemberian makna (sikap terpuji) dalam obyek kajian matematika, kemudian guru menyampaikan bentuk akhlak mahmudah secara langsung kepada siswa, danjuga dapat melalui penggunaan metode pembeiajaran matematika di dalam kelas. %N 2 %K akhlaq mabmudah, matematika, pembeiajaran matematika %P 1-55 %V 1 %D 2009 %I PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib8019