TY - JOUR ID - digilib8020 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8020/ IS - No. 2 A1 - FATONAH, Siti N2 - Pada hakikatnya seorangpendidik adalah seorangfasilitator. Fasilitator baik dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik, maupun konatif Seorangpendidik hendaknya mampu membangun suasana belajaryang kondusifuntuk belajar-mandiri (selfdirected learning), lajuga hendaknya mampu menjadikan proses pembelajaran sebagai kegiatan eksplorasi diri. Gardner menegaskan bahwa setidaknya ada 8 macam kecerdasa dalam diri anak. Kedelapan kecerdasan tersebut dapat ditumbuhkan olehguru dengan mengenal berbagai gaya belajarpada anak. Setiap pribadi manusia memiliki "self-hidden potential excellece" (mutiara talentayang tersembunyi di dalam diri), tugaspendidikanyangsejati adalah membantupeserta didik untuk menemukan dan mengembangkan potensi yang ada pada anak seoptimal mungkin. Hal ini bisa berhasil apabila semua guru (termasuk IPA SD) memahami kecerdasan majemuk. VL - Vol. 1 TI - MENUMBUHKAN KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE) ANAK DENGAN MENGENAL GAYA BELAJARNYA DALAM PEMBELAJARAN IPA SD AV - public EP - 245 Y1 - 2009/12/01/ PB - PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA JF - AL BIDAYAH KW - kecerdasan majemuk KW - gaya belajar KW - pembelajaran SN - 2085-0034 SP - 229 ER -