TY - JOUR ID - digilib8021 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8021/ A1 - ICHSAN , - Y1 - 2009/12/01/ N2 - Tulisan ini mendeskripsikan pentingnya transformasi pembelajaran agama. Agama dapat sebagai sumber transformasi sosial bila dikelola dengan baik, sebaliknya agama juga dapat sebagai sumber konflik bahkan menjadi sumber kekerasan bila tidak dikelola dengan baik oleh karena itu multikulturalisme dalam praksis pendidikan Islam adalah upaya penyelenggaraanpendidikanyangmemungkinkan peserta didik berkembang secara wajarsesuai dengan kondisi masing-masingpeserta didik. Di sinilah penyelenggaraan pendidikan yang menghargai perbedaan, toleransi dan kesetaraan. JF - Al-Bidayah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol I No 2 Desember 2009 KW - multikulturalisme KW - pendidikan islam KW - transformasi KW - modal sosial TI - MULTIKULTURALISME DALAM PRAKSIS PENDIDIKAN ISLAM AV - public ER -