%0 Journal Article %A YANTI HERLANTI , - %D 2009 %F digilib:8022 %J Al-Bidayah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol I No 2 Desember 2009 %K eksplorasi, elaborasi, refleksi, hasil belajar, perubahan konseptual %T UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MELALUITIGA LANGKAH PEMBELAJARAN AKTIF %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8022/ %X Tiga langkah pembelajaran aktif adalah sebuah strategi pembelajaran yang membuat siswa aktif dan guru kreatif Tiga langkah pembelajaran ini meliputi eksplorasi, elaborasi, dan refleksi. Eksplorasi adalah kegiatan siswa untuk mengaktifkan pengetahuan awal mereka. Elaborasi adalah kegiatan siswa untuk membangun dan menerapkan pengetahuan awal. Refleksi adalah kegiatanbersama antaraguru dan siswa untuk membuat kesimpulan. Tiga langkah pembelajaran aktifini didasarkan pada teori konstruktivisme. Ketiga langkah pembelajaran aktifini telah diterapkan di MIAsih Putera Cimahi. Sebanyak 54 siswa terlibat dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik dari sebelum menggunakan tiga langkah pembelajaran aktif. Tiga langkah pembelajaran aktifdisinergikan dengan perubahan konseptual menurut Posner (1982) yaitu intelligible, plausible, and fruitful. Pada penelitian ini tampak ketercapaian dari fruitful, karena terwujudnya keterampilan proses sains pada tiga langkah pembelajaran aktifini.