%A - SITI JOHAR %J Al-Bidayah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol I No 2 Desember 2009 %T URGENSI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) %X Pendekatan kontekstual merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang banyak melibatkan peserta didik secara aktif dan membanru mengaitkan materi pelajaran yang diterimanya dengan konteks kehidupan nyata yang mereka hadapi. Peserta didik lebih banyak mencari dengan cara melakukan, mendiskusikan, menanyakan, dan mengkomunikasikan apa yang mereka temukan dengan teman sekelas maupun guru. Guru bertindak sebagai fasilitator yang menfasilitasi dan membantu peserta didik untuk mengaitkan antara apa yang mereka terima di sekolah dengan kehidupan mereka seharihari. Dari sini nampak bahwasannya pembelajaran dengan pendekatan kontekstual patut dipertimbangkan untuk digunakan dalam mengajarkan SKI diMI. %D 2009 %K pendekatan kontekstual, pembelajaran SKI di MI %L digilib8023