eprintid: 8026 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/80/26 datestamp: 2013-06-03 13:28:29 lastmod: 2017-04-26 07:30:05 status_changed: 2013-06-03 13:28:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: KHOLISUL HADI, NIM. 09420170 title: IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADÂT SISWA KELAS VIII MTs AL HIKMAH SAMBENG LAMONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted abstract: Kholisul Hadi. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) sebagai upaya peningkatan penguasaan mufradât siswa kelas VIII MTs Al-Hikmah Sambeng Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperarif tipe Student Teams Achivement Division (STAD)dapat meningkatkan penguasaan mufradât siswa kelas VIII MTs Al-Hikmah Sambeng. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research yaitu suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini tediri dari dua siklus terhadap 25 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperarif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan penguasaan mufradât kelas VIII MTs AlHikmah Sambeng yang terjadi dalam dua siklus dan dilaksanakan dalam lima tahapan, yaitu presentasi kelas, tim, kuis, rekognisi tim, dan penghargaan. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: hasil rata-rata pada siklus 1 untuk pre test yaitu 40,0 dan post test 52,8. Selanjutnya siklus II rata-rata pre test adalah 76,6 dan post test 82,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dapat meningkatkan penguasaan mufradât siswa kelas VIII MTs Al-Hikmah Sambeng Tahun Ajaran 2012/2013. date: 2013-04-10 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: KHOLISUL HADI, NIM. 09420170 (2013) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADÂT SISWA KELAS VIII MTs AL HIKMAH SAMBENG LAMONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8026/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8026/2/BAB%20II%2C%20III.pdf