@article{digilib8035, month = {November}, title = {PENDEKATAN PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK}, author = {- AZHARIANSAH }, year = {2009}, journal = {Al-Bidayah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol.II Tahun I November 2009}, keywords = {pendidikan, potensi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8035/}, abstract = {Manusia dibckali oleh dua potensi, yaitu potensi untuk menjadi orang yang baik dan potensi untuk menjadi orangyangjahat Kecenderungan manusia dalam melakukan akbiak baik atau buruk, merupakan bentuk dariproses, dari baik ke buruk dan kembali lagi ke baik, atau tetap dalam keburukan dan dari baik tetap kepada yang baik. Proses inilah yang sebenamya sangat berperan dalam membentuk terminal akhir dari kecendentngan manusia. Proses ini harus dimuhi sejak keril. Untuk mencapai maksud tersebut, diperlukan sebuab maha agar mereka tetap bertahan dalam kebaikan. Cara jangpaling e/ektifadalah denganpendidikan akhlak. Akan tetapi, tisaha tersebut sulit akan tercapai dengan optimal jika tidak diimbangi dengan pemahaman yang memadai dalam penyampaiannya. Pendekatan yang mungkin dapat dipergunakan adalah (1) pendidikan secara langsung, (2) pendidikan secara tidak langsung, dan (3) mengambil manfaat dari kecenderungan danpembawaan anak.} }