%A - EVA LATIPAH %J Al-Bidayah Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol.II Tahun I November 2009 %T STRATEGIPENGENALAN POTENSI ANAK %X Pada daiarnya manmia mtmiliki dua kemampuan besaryaitu kemampuan aktual dan kemampuan potensial. Kemampuan aktual merupakan kemampuan yang ada saat ini, kemampuan yang telah nampak. lni dapat dilihat (sebagian) misalnya dari skor lQ, skor TOEFL, dan nilai akademik. Kemampuan potensial merupakan kemampuanyang belutn nampak, kemampuan yang mtmiliki kesempatan untuk berkembang; Oleh karenanya untuk mengembangkannya memerlukan stimulan-stimulan dari lingkungan ft>endidikan, orang tua, giiru, nutrisi), misalya talenta. Artikel ini mencoba untuk mengidentifikasi beberapa potensi dan bagaimana cara untuk mengidentifikasinya. lJntuk mengidenifikasi potensi diperlukan bagi para guru untuk memahami anak-anaknya yaitu dengan memahami pertumbuhan anak dan tugas-tugas perkembangan untuk setiap tahapannya. Cara untuk mengidentifikasi potensi anak dapat tnenpgunakan dua haljaitu dengan mengidentifikasi bakat anak dan mengetahui minatnya (kepribadian anak). Bakat anak dapat diidentifikasi dari kemampuan umum (inteligensi), kreativitas, dan motivasi. %D 2009 %K diagnosa, potensi %L digilib8036