relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8038/ title: IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN OPERASI BILANGAN BULAT DI PGMI creator: LULUK MAULUAH , - subject: Al Bidayah Jurnal description: Pendekatan konstruktivisme merupakan proses pembelajaran yang menerangkan bagaimana pengetahuan disusun dalam pikiran siswa. Implementasi pendekatan konstruktivisme dapat dilakukan dengan prinsip-prinsip PAKEM. Pelaksanaan PAKEM pada pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat dilakukan dengan eksplorasi alat peraga tangga,lantai keramik, garis bilangan dan mainan hewan serta manik-manik dan penyusunan pola matematika. Adapun topik perkalian dan pembagian diimplementasikan dengan eksplorasi pola, konsep lawan bilangan dan konsep I love to hate, I hate to hate date: 2009-06-01 type: Article type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8038/1/LULUK%20MAULUAH%20IMPLEMENTASI%20PENDEKATAN%20KONSTRUKTIVISME%20PADA%20PEMBELAJARAN%20OPERASI%20BILANGAN%20BULAT%20DI%20PGMI.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8038/2/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8038/3/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8038/4/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8038/5/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8038/6/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8038/7/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8038/8/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8038/9/small.jpg identifier: LULUK MAULUAH , - (2009) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN OPERASI BILANGAN BULAT DI PGMI. AL-BIDAYAH Jurnal Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahI vol 1 no 1 Juni 2009.