%A - NUR SAIDAH %J AL-BIDAYAH Jurnal Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahI vol 1 no 1 Juni 2009 %T KAJIAN PSIKOLOGIS TERHADAP STIMULASI VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR/MI %X Menurut psikologi perkembangan anak-anak di sekolah dasar, setidaknya ada dua alasan utama pemanfaatan rangsang visual dalam proses belajar-mengajar. Pertama, stimulasi visual yang lebih menarik untuk memperkaya motivasi anak dalam belajar, karena siswa akan menikmati proses ini, bahan-bahan yang dapat dijelaskan dengan mudah, metode akan bervariasi dan siswa selves akan melibatkan mereka dalam proses belajar-mengajar, tidak hanya mendengar pelajaran dari guru, tetapi juga mengamati, mencari atau mendemonstrasikan pesan dari ilustrasi. Kedua, stimulasi visual yang sesuai dengan perkembangan psikologis anak-anak di sekolah dasar karena media ini menjelaskan konsep abstrak menjadi konkrit dan menyederhanakan kerumitan pelajaran. Hal ini sangat penting untuk proses belajar PAI yang kebanyakan terdiri dari bahanbahan dengan konsep abstrak. Selain itu penggunaan stimulasi visual akan memungkinkan guru membuat Joyful Learning sehingga belajar siswa tidak di bawah tekanan dan proses pembelajaran PAI akan produktif, penuh kreativitas, aktivitas, efektivitas dan kegembiraan. %D 2009 %K Stimulasi Visual, Perkembangan Psikologis, Anak Usia Sekolah Dasar/MI, Pembelajaran PAI %L digilib8039