<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK"^^ . "Congklak merupakan suatu permainan tradisional di Indonesia. Permainan \r\ncongklak diadaptasi dari permainan tradisional Afrika yang disebut dengan\r\nMancala.Permainan ini dimainkan dengan menggunakan sebuah papan yang\r\ndisebut papan congkak dan 98 (14 x 7) buah biji yang dinamakan biji congkak.\r\nPermainan congklak merupakan permainan yang melatih otak untuk berfikir\r\nsecara sistematis dan menggunakan strategi untuk memperoleh kemenangan. Di\r\ndalam permainan ini, tidak ada suatu jaminan untuk memenangkan permainan,\r\nkarena ada banyak kemungkinanyang terjadi.\r\n Skripsi ini mengkaji tentang aplikasi Algoritma Backtracking pada permainan\r\ncongklak. Algoritma backtracking mempunyai prinsip mencoba segala\r\nkemungkinan solusi, semua solusi dibuat dalam bentuk pohon solusi dan\r\nalgoritma akan menelusuri pohon tersebut secara DFS (Depth First Search) yaitu\r\ndengan mencari solusi dari akar ke daun (dalam pohon ruang solusi) dengan\r\npencarian mendalam. Dalam hal ini, algoritma Backtracking digunakan untuk\r\nmencari simulasi urutan langkah-langkah yang mengakibatkan kondisi akhir yaitu\r\npemain meraih predikat menang, kalah, dan seri.\r\n Di penulisan ini aplikasi Algoritma Backtracking dapat digunakan oleh satu\r\norang pemain dan kedua pemain secara bersamaan. Selanjutnya dengan Algoritma\r\nBacktracking diperoleh langkah – langkah untuk memperoleh predikat menang\r\ndan kalah yaitu : alur permainan A : pertama ambil lubang A1, kedua ambil A5,\r\nketiga ambil A4, keempat ambil A2, kelima ambil A1, keenam ambil A1, ketujuh\r\nambil A2 dan terakhir ambil A1 dan alur permainan B : pertama ambi lubang B6,\r\nlangkah kedua ambil B2, ketiga ambil B7, keempat ambil B2, kelima ambil B2,\r\nkeenam ambil B5, ketujuh ambil B4 dan yang terakhir ambil lubang B1.\r\nSedangkan langkah – langkah untuk memperoleh predikat seri yaitu : alur\r\npermainan A : pertama ambil lubang A2, kedua ambil A4, ketiga ambil A2,\r\nkeempat ambil A7, kelima ambil A7, keenam ambil A4, ketujuh ambil A3 dan\r\nterakhir ambil A5 dan alur permainan B : pertama ambil lubang B5, kedua ambil\r\nB7, ketiga ambil B3, keempat ambil B1, kelima ambil B2, keenam ambil B7,\r\nketujuh ambil B1 dan terakhir ambil lubang B4. \r\nKata kunci : Congklak, Algoritma Backtracking, Depth First Search."^^ . "2013-05-01" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI , UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08610001"^^ . "RIA ANDRIAN DEWANTI"^^ . "NIM. 08610001 RIA ANDRIAN DEWANTI"^^ . . . . . . "APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK (Text)"^^ . . . "APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK (Other)"^^ . . . . . . "APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK (Other)"^^ . . . . . . "APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK (Other)"^^ . . . . . . "APLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #8049 \n\nAPLIKASI ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@id . .