eprintid: 8051 rev_number: 29 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/80/51 datestamp: 2013-06-05 09:50:19 lastmod: 2017-01-26 02:50:50 status_changed: 2013-06-05 09:50:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: EMI SUNDARI, NIM. 09480016 title: INTEGRASI NILAI KARAKATER YANG BERHUBUNGAN DENGAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS IV ispublished: pub subjects: P divisions: pgmi full_text_status: restricted abstract: Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah : kegelisahan penelit i terhadap karakter bangsa yang sedang mengalami dekadensi moral khususnya terhadap lingkungan alam. Terjadinya kerusakan lingkungan karena sikap manusia yang akhir-akhir ini ingin menguasai alam dan lidak peduli dengan lingkungan. Dalam hal ini madrasah khususnya pembelajaran Akidah Akhlak memiliki peran dalam penyadaran nilai-nilai agama Islam sebagai rahmatanlil’alamin. Dengan integrasi nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungan hidup diharapkan menambah rasa peduli dengan lingkungan dan mengurangi kerusakan lingkungan. Dalam hal ini MIN Jejeran telah berusaha mengintegrasikan nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungan hidup dalam pembelajaran, walaupun dalam realisasinya belum sepenuhnya nilai peduli lingkungan dapat diwujudkan dalam perilaku siswa-siswi MIN Jejera n Wonokromo Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis t entang integrasi nilai karakter yang berhubungan dengan lingkungan hidup dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas IV di MIN Jejeran Wonokromo Pleret Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MIN Jejeran Wonokromo Pleret Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan melalui pola pikir induktif. Pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi melalui membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, membandingkan keadaan dan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang serta membandingkan hasil wawancara dengan suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengembangan Integrasi Nilai Karakter Yang Berhubungan Dengan Lingkungan Hidup Di MIN Jejera n dilakukan dengan cara pengintegrasian dalam kebijakan, kurikulum, kegiatan partisipatif dan sarana prasarana. (2) Proses Integrasi Nilai Karakter Yang Berhubungan Dengan Lingkungan Hidup Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak dapat dilihat baik dari perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dan integrasi nilai karakter dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak meliputi dalam tujuan, materi, pendekatan, metode dan evaluasi. (3) Faktor pendukung Integrasi Nilai Karakter Yang Berhubungan Dengan Lingkungan Hidup Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak adalah sumber daya manusia MIN Jejeran, lingkungan MIN Jejeran, dukungan orang tua dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kesadaran siswa, metode pembelajaran yang monoton, dan faktor keluarga. Kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Lingkungan Hidup, Nilai Karakter, Integrasi. date: 2013-05-07 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: EMI SUNDARI, NIM. 09480016 (2013) INTEGRASI NILAI KARAKATER YANG BERHUBUNGAN DENGAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS IV. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8051/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8051/2/BAB%20II%2C%20III.pdf