%0 Thesis %9 Skripsi %A DINA PUSPITA WIJAYANTI, NIM. 07600055 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2012 %F digilib:8056 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SYNERGETIC TEACHING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8056/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui metode Synergetic Teaching lebih efektif daripada metode konvensional terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 6 Sragen, (2) mengetahui metode Numbered Head Together lebih efektif daripada metode konvensional terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 6 Sragen, serta (3) Mengetahui metode Synergetic Teaching lebih efektif daripada metode Numbered Head Together terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 6 Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain Noneequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode Synergetic Teaching, metode Numbered Head Together dan metode konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 288 siswa yang terbagi dalam delapan kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling dan simple random sampling, sehingga diperoleh sampel kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan biasa dengan metode konvensional, VIII C sebagai kelas eksperimen II yang diberi perlakuan dengan metode Synergetic Teaching, dan VIII B sebagai kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan metode Numbered Head Together. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan pemberian posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Anova, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) uji perbedaan rata-rata data gain kelas eksperimen I dengan kelas kontrol diperoleh > 0, yang berarti bahwa metode Synergetic Teaching lebih efektif daripada metode konvensional, (2) uji perbedaan rata-rata data gain kelas eksperimen II dengan kelas kontrol diperoleh > 0, yang berarti bahwa metode Numbered Head Together lebih efektif daripada metode konvensional, dan (3) uji perbedaan rata-rata data gain kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II diperoleh < 0, yang berarti bahwa metode Synergetic Teaching tidak lebih efektif daripada metode Numbered Head Together terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 6 Sragen. Kata kunci: efektivitas, synergetic teaching, numbered head together, hasil belajar siswa