@phdthesis{digilib8059, month = {August}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN METODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA SMP}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08600050 DWI MINARSIH}, year = {2012}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8059/}, abstract = {Penelitian ini memiliki dua tujuan, tujuan yang pertama untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended yang dikolaborasikan dengan metode TPS dibandingkan dengan pendekatan konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended yang dikolaborasikan dengan metode TPS dibandingkan dengan pendekatan konvensional terhadap keaktifan siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain posttest-only control design. Variabel bebasnya adalah pendekatan openended yang dikolaborasikan dengan metode TPS, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kreatif dan keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 12 Yogyakarta yang terbagi dalam lima kelas. Sampel terdiri dari kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa, skala sikap keaktifan untuk mengetahui keaktifan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dan mann whitney u-test. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan rata-rata nilai postes siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata nilai postes siswa kelas kontrol. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan open-ended yang dikolaborasikan dengan metode TPS lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan rata-rata skor skala sikap keaktifan siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata skor skala sikap keaktifan siswa kelas kontrol. Artinya hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pendekatan open-ended yang dikolaborasikan dengan metode TPS lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan konvensional terhadap keaktifan belajar siswa. Kata kunci: pendekatan open-ended, think pair share, kemampuan berpikir kreatif, keaktifan belajar.} }