<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN\r\nPENDEKATAN OPEN-ENDED YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN \r\nMETODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA SMP"^^ . "Penelitian ini memiliki dua tujuan, tujuan yang pertama untuk mengetahui\r\nefektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended yang\r\ndikolaborasikan dengan metode TPS dibandingkan dengan pendekatan\r\nkonvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan yang kedua\r\nadalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan\r\nopen-ended yang dikolaborasikan dengan metode TPS dibandingkan dengan\r\npendekatan konvensional terhadap keaktifan siswa SMP. \r\n Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan\r\ndesain posttest-only control design. Variabel bebasnya adalah pendekatan openended\r\n\r\nyang dikolaborasikan dengan metode TPS, sedangkan variabel terikatnya\r\nadalah kemampuan berpikir kreatif dan keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian\r\nini adalah siswa kelas VII SMPN 12 Yogyakarta yang terbagi dalam lima kelas.\r\nSampel terdiri dari kelas VII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa\r\ndan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Teknik\r\npengumpulan data meliputi tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif\r\nsiswa, skala sikap keaktifan untuk mengetahui keaktifan siswa. Teknik analisis\r\ndata dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dan mann\r\nwhitney u-test.\r\n Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan rata-rata nilai postes siswa\r\nkelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata nilai postes\r\nsiswa kelas kontrol. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan\r\nopen-ended yang dikolaborasikan dengan metode TPS lebih efektif dibandingkan\r\ndengan pendekatan konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.\r\nBerdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan rata-rata skor skala sikap\r\nkeaktifan siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata\r\nskor skala sikap keaktifan siswa kelas kontrol. Artinya hasil penelitian juga\r\nmenunjukkan bahwa pendekatan open-ended yang dikolaborasikan dengan\r\nmetode TPS lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan konvensional terhadap\r\nkeaktifan belajar siswa.\r\n\r\n\r\nKata kunci: pendekatan open-ended, think pair share, kemampuan berpikir\r\nkreatif, keaktifan belajar."^^ . "2012-08-10" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08600050"^^ . "DWI MINARSIH"^^ . "NIM. 08600050 DWI MINARSIH"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN\r\nPENDEKATAN OPEN-ENDED YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN \r\nMETODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Text)"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN\r\nPENDEKATAN OPEN-ENDED YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN \r\nMETODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN\r\nPENDEKATAN OPEN-ENDED YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN \r\nMETODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN\r\nPENDEKATAN OPEN-ENDED YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN \r\nMETODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN\r\nPENDEKATAN OPEN-ENDED YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN \r\nMETODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN\r\nPENDEKATAN OPEN-ENDED YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN \r\nMETODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN\r\nPENDEKATAN OPEN-ENDED YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN \r\nMETODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN\r\nPENDEKATAN OPEN-ENDED YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN \r\nMETODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN\r\nPENDEKATAN OPEN-ENDED YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN \r\nMETODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN\r\nPENDEKATAN OPEN-ENDED YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN \r\nMETODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN\r\nBERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA SMP (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #8059 \n\nEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN \nPENDEKATAN OPEN-ENDED YANG DIKOLABORASIKAN DENGAN \nMETODE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN \nBERPIKIR KREATIF DAN KEAKTIFAN SISWA SMP\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .