%A NIM. 08600060 ERIKA RISDIANAWATI %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALKWRITE (TTW) MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA SMP TAMAN DEWASA IBU PAWIYATAN (TDIP) TAMANSISWA %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write (TTW) menggunakan mind map terhadap kreativitas berpikir siswa dan efektivitas model pembelajarn kooperatif tipe TTW menggunakan mind map terhadap kemampuan komunikasi siswa yang dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (ekspositori). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan desain kelompok nonrandomized control group pretest-posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan (TDIP) tahun ajaran 2011/2012. Dari populasi tersebut diambil sampel yaitu siswa kelas VII-A dan siswa kelas VII-B Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t gain pretest-postest kreativitas berpikir menghasilkan nilai sig.(1-tailed) sebesar 0,01 0,05. Artinya pembelajaran kooperatif tipe TTW menggunakan mind map lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional (ekspositori) ditinjau dari kreativitas berpikir siswa. Uji t gain pretest-postest kemampuan komunikasi siswa menghasilkan nilai sig.(1-tailed) sebesar 0,006 0,05. Artinya model pembelajaran kooperatif tipe TTW menggunakan mind map lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional (eskpositori) ditinjau dari kemampuan komunikasi siswa. Keyword : Pembelajaran Kooperatif, Think-Talk-Write (TTW), Mind Map, Kreativitas Berpikir, Kemampuan Komunikasi %D 2012 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib8064