TY - THES ID - digilib8072 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8072/ A1 - FERONIKA NUR SOLIKHAH, NIM. 08670074 Y1 - 2012/08/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui aksesibilitas proses pelaksanaan praktikum kimia bagi peserta didik tunanetra dan 2) mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan praktikum kimia bagi peserta didik tunanetra pada SMA/MA Inklusif di DIY. Jenis penelitian ini adalah kualitatif eksploratif. Metode kualitatif yang digunakan adalah metode studi kasus. Penelitian kualitatif ini merupakan penelitian studi kasus yang dilakukan di MAN Maguwoharjo Sleman dan SMAN 1 Sewon Bantul dengan melibatkan beberapa informan yang terdiri dari peserta didik tunanetra kelas X, peserta didik nondifabel kelas X, guru kimia, Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Guru Pendamping Khusus. Selain dengan metode wawancara, teknik pengambilan data dalam penelitian ini juga menggunakan metode observasi dan analisis dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data terdiri dari analisis sebelum di lapangan, selama di lapangan (data reduction, data display, dan verivication), dan analisis setelah di lapangan. Sedangkan untuk keabsahan menggunakan uji kredibilitas (triangulasi cara dan sumber, diskusi teman sejawat, serta membercheck), uji transferbilitas, uji dependibilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik tunanetra di MAN Maguwoharjo dan SMAN 1 Sewon masih belum dilibatkan secara aktif dalam pelaksanaan praktikum, sehingga pelaksanaan praktikum kimia belum aksesibel bagi peserta didik tunanetra di MAN Maguwoharjo dan SMA N 1 Sewon. Hal ini disebabkan oleh beberapa kendala meliputi: 1) kurangnya alokasi waktu untuk mata pelajaran kimia terutama praktikum, 2) belum ada desain proses praktikum dan alat praktikum kimia yang aksesibel bagi peserta didik tunanetra, 3) proses praktikum yang membutuhkan visualisasi menyebabkan peserta didik tunanetra tidak dapat terlibat secara aktif dalam praktikum, dan 4) kurangnya tenaga pendamping praktikum Kata Kunci: Aksesibilitas praktikum kimia, SMA/MA Inklusif, tunanetra PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - AKSESIBILITAS PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA PADA SMA/MA INKLUSIF DI DIY TAHUN AJARAN 2011/2012 (Studi Kasus di MAN Maguwoharjo dan SMAN 1 Sewon) AV - restricted ER -