eprintid: 8074 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/80/74 datestamp: 2013-06-07 08:47:59 lastmod: 2016-02-19 07:09:06 status_changed: 2013-06-07 08:47:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: GUSTRYHENY KASITYADININGRUM, NIM. 08670034 title: PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERMAINAN EDUKATIF BAGI PENDIDIK MATA PELAJARAN IPA SMP/MTs (BAHAN KAJIAN KIMIA) ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sumber kepustakaan di bidang Pendidikan Kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui karakteristik, serta untuk mengetahui kualitas buku panduan permainan edukatif yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian dari 4 pendidik IPA SMP/MTs dan 1 pendidik kimia SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yakni analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Tahapan model ADDIE yang digunakan dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap pengembangan. Tahap implementasi dan evaluasi tidak disertakan, akan tetapi dilakukan penilaian untuk mendapatkan produk akhir. Produk awal buku panduan permainan edukatif ini ditinjau terlebih dahulu oleh 2 dosen pembimbing, 1 dosen ahli media, 1 dosen ahli materi, dan 3 peer reviewer. Penilaian kualitas produk dilakukan oleh 4 pendidik IPA SMP/MTs dan 1 pendidik kimia SMA/MA. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket berbentuk daftar cek (check list) yang berisi 12 aspek penilaian dengan 24 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kuantitatif, kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal dan persentase keidealan untuk menentukan kualitas buku panduan permainan edukatif. Hasil penelitian ini adalah produk berupa buku panduan permainan edukatif yang memiliki karakteristik, yakni disusun berdasarkan Standar Isi mata pelajaran IPA SMP/MTs (bahan kajian kimia) dan berisi tentang cara pemanfaatan isi buku, penjelasan teori, berbagai alternatif contoh, serta cara merancang permainan edukatif dalam pembelajaran IPA SMP/MTs (bahan kajian kimia). Buku panduan permainan edukatif yang telah dikembangkan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) menurut penilaian pendidik IPA SMP/MTs dan pendidik kimia SMA/MA. Skor rata-rata yang diperoleh sebesar 105,2 dan persentase keidealan sebesar 87,67%. Berdasarkan hal tersebut, maka buku panduan permainan edukatif ini dapat digunakan sebagai alternatif sumber kepustakaan bagi pendidik dalam pengembangan metode pembelajaran melalui permainan edukatif pada mata pelajaran IPA SMP/MTs (bahan kajian kimia). Kata Kunci : Buku panduan permainan edukatif, pendidik, IPA SMP/MTs (bahan kajian kimia). date: 2012-10-30 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: GUSTRYHENY KASITYADININGRUM, NIM. 08670034 (2012) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERMAINAN EDUKATIF BAGI PENDIDIK MATA PELAJARAN IPA SMP/MTs (BAHAN KAJIAN KIMIA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8074/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8074/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf