@phdthesis{digilib8078, month = {August}, title = {UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI DENGAN MENGGUNAKAN SEMBILAN PRINSIP PEMBELAJARAN ORANG DEWASA RAMP 2 FAME }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 05430012 INTAN NUR?AENI SHOLIHAH}, year = {2012}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8078/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah Wonosari pada pembelajaran matematika pokok bahasan bangun datar. Peningkatan hasil belajar yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata yang memenuhi {\ensuremath{>}} 75 dan meningkat pada setiap tes siklus yang dilakukan pada setiap akhir pembahasan satu kompetensi dasar serta meningkatnya persentase daya serap per kompetensi dasar dari satu siklus ke siklus selanjutnya. Upaya peningkatan hasil belajar tersebut menggunakan sembilan prinsip pembelajaran orang dewasa RAMP 2 FAME (Recency, Appropriateness, Motivation, Primacy, 2 Way Communication, Feedback, Active Learning, Multi Sense Learning, Exercise). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis \& McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun obyek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan sembilan prinsip pembelajaran orang dewasa RAMP 2 FAME. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam dua siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Dalam setiap siklus, pertemuan pertama dan kedua dilaksanakan untuk pembelajaran dan pertemuan terakhir dilaksanakan untuk tes siklus atau ulangan harian per kompetensi dasar. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah Wonosari pada pokok bahasan bangun datar setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan sembilan prinsip pembelajaran orang dewasa RAMP 2 FAME . Peningkatan hasil belajar siswa tersebut terlihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada setiap tes siklus yang dilakukan per kompetensi dasar. Nilai rata-rata kelas pada tes siklus I yaitu 66,68 meningkat menjadi 76,19 pada siklus II. Sedangkan persentase daya serap meningkat dari 45,16\% pada siklus I menjadi 51,61\% pada siklus II. Keyword: Pembelajaran Orang Dewasa, Hasil Belajar, Pendekatan } }