eprintid: 8088 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/80/88 datestamp: 2013-06-07 09:55:17 lastmod: 2016-01-25 02:05:31 status_changed: 2013-06-07 09:55:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LATIFAH PUJI ASTUTI, NIM. 07600071 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VIII ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan menghasilkan media pembelajaran matematika pada materi pokok Teorema Pythagoras untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Kelas VIII menggunakan Adobe Flash CS3 yang dikemas dalam Compact Disc (CD). Penelitian ini juga bertujuan mengetahui kualitas media pembelajaran Matematika yang memenuhi kriteria media pembelajaran yang baik berdasarkan tiga aspek, yaitu: kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Analysis adalah analisis sebelum melakukan pengembangan, yaitu analisis awal, analisis kurikulum, karakteristik siswa, aspek pengembangan media dan analisis situasi. Selanjutnya design, menyusun materi dan alur media pembelajaran matematika, membuat desain tampilan, dan merencanakan alat evaluasi kemudian development, melakukan pengembangan produk dengan pembuatan komponenkomponen media dengan menggunakan Adobe Flash CS3, pada proses pengembangan ini dilakukan validasi dan penilaian produk oleh ahli. Validasi dilakukan oleh 3 orang ahli dengan menggunakan instrumen penelitian. Setelah divalidasi ahli dilanjutkan dengan pengemasan, selanjutnya dilakukan (implementation), yaitu mengujicobakan media pembelajaran matematika yang telah dikembangkan kepada siswa dan diberikan pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah serta angket kepraktisan. Tahap terakhir adalah evaluasi, mengevaluasi media untuk mengetahui nilai akhir dan mendapatkan produk akhir. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran materi pokok Teorema Pythagoras untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika SMP kelas VIII memenuhi kriteria kualitas media yang baik. Pada aspek kevalidan kualitas media pembelajaran matematika yang telah disusun memperoleh penilaian dengan kategori Baik (B), pada aspek kepraktisan kualitas media pembelajaran memperoleh penilaian dengan kategori Sangat Baik (SB) serta respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran Baik (B). Dan pada aspek keefektifan, media pembelajaran matematika efektif memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah, berdasarkan peningkatan hasil tes pemecahan masalah matematika siswa. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Pemecahan Masalah, ADDIE, Adobe Flash CS3 date: 2012-08-27 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: LATIFAH PUJI ASTUTI, NIM. 07600071 (2012) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8088/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8088/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf