%A NIM. 06660017  M KHUWARIZMI BUCHORI
%T ANALISIS HUBUNGAN BIAYA KUALITAS DENGAN KECACATAN PRODUK PT. SPORT GLOVE INDONESIA 
%X Iklim persaingan bisnis menuntut perusahaan untuk mempertajam strategi
dengan memberikan nilai tambah bagi konsumen baik dari segi manfaat maupun
dari segi kualitas. PT  SGI  selama ini berupaya meningkatkan kualitas produknya
agar tetap dapat bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis. Salah satu unsur
pendukung dalam mewujudkan hal tersebut dengan mengeluarkan biaya kualitas.
Penelitian ini merupakan jenis studi kasus. Subyek penelitian ini adalah PT  SGI.
Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) variabel bebas
yang terdiri dari biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, dan
(2) varibel terikat yaitu produk cacat.  
Hasil penelitian menunjukkan hasil regresi berganda diperoleh persamaan
Y = 695,561 – 0,000007679X1 – 0,000003535X2 – 0,000004699X3. Dengan uji t
diperoleh hasil bahwa masing-masing biaya kualitas mempunyai perilaku yang
berbeda terhadap produk cacat. Biaya pencegahan dan biaya kegagalan internal
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produk cacat, namun biaya
penilaian tidak. Pengaruhnya negatif  karena t
yang diperoleh bertanda
negatif. Hasil t
hitung 
hitung 
biaya pencegahan -6,557 dengan taraf signifikansi 0,000, t
biaya penilaian -1,601 dengan taraf signifikansi 0,119 dan t
hitung 

hitung 
biaya kegagalan 
internal -2,324 dengan taraf signifikansi 0,027. Pengujian secara bersama-sama
dengan uji F menunjukkan F
sebesar 30,233 dengan taraf signifikansi 0,000
dan F
tabel 
hitung 
sebesar 2,80. Hal ini berarti ketiga biaya kualitas secara bersama-sama
mempunyai pengaruh yang signnifikan dan mampu menjelaskan variabel produk
cacat. Dari nilai R
2 
juga diketahui bahwa biaya kualitas berpengaruh terhadap
produk cacat sebesar 71,5% sedangkan sisanya sebesar 28,5% dipengaruhi oleh
faktor lain di luar biaya kualitas tersebut.  
Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa biaya
kualitas merupakan modal yang berharga dalam rangka mengendalikan jumlah
produk cacat yang terjadi pada  PT  SGI . Adanya hubungan yang signifikan
antara biaya kualitas dengan produk cacat perlu diperhatikan bagi manajemen
perusahaan dalam pencapaian kualitas produk yang lebih baik secara menyeluruh
sehingga dapat meminimalisir produk cacat yang terjadi. 

Kata Kunci: Biaya Kualitas dan Produk Cacat.
%D 2012
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%L digilib8096