TY - THES N1 - #CONTRIBUTOR# ID - digilib811 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/811/ A1 - AMALIYATUL JANAH - NIM. 02211219, Y1 - 2008/06/09/ N2 - ABSTRAK Berhembusnya angin reformasi poitik yang mengakibatkan melunaknya kontrol pemerintah, seakan membuka jalan bagi upaya pendirian ratusan stasiun radio baru yang meramaikan angkasa Indonesia. Perkembangan radio di tanah air sangat menggembirakan karena memberi alternatif luas bagi audiens. Penelitian ini menggunakan analisis Semiotik dengan pendekatan semiotik Roland Barthes karena metode ini sangat berperan untuk membaca teks dalam dimensi sosial yang berkaitan dengan konteks relasi sosial, politik dan institusi di balik teks. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menganalisis iklan Srongpas Ginseng dan Pasama yang disiarkan di radio Prima FM Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data yang akan penulis gunakan yaitu dengan cara Deskriptif Kualitatif interpretatif berupa keterangan-keterangan dan argumenargumen dari script writer iklan Srongpas Ginseng dan Pasama. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara simbol, istilahistilah bahasa Jawa dengan konteks sosial budaya masyarakat. Hubungan tersebut dapat menunjukkan bagaimana perempuan dan laki-laki dicitrakan dalam media, khususnya dalam iklan. Citra yang melekat pada perempuan pada akhirnya turut mendukung budaya patriarki yang telah lama mengakar di masyarakat Indoneia dan Jawa khususnya. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Citra Perempuan KW - Iklan Radio KW - Semiotik M1 - skripsi TI - CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN RADIO (Analisis Semiotik Iklan Srongpas Ginseng dan Pasama) AV - restricted ER -