@phdthesis{digilib8111, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PADA PRAKTIKUM KIMIA SMA/MA KELAS X SEMESTER GENAP BERDASARKAN STANDAR ISI }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08670033 NAILI HIKMAH}, year = {2012}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8111/}, abstract = {Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian aspek psikomotorik pada praktikum kimia SMA/MA kelas X semester genap, serta mengetahui kelayakan instrumen penilaian aspek psikomotorik yang dikembangkan pada praktikum kimia SMA/MA kelas X semester genap. Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa panduan observasi pada praktikum, yaitu sebanyak 14 keterampilan kinerja pada paraktikum Daya Hantar Listrik pada Larutan dan 15 keterampilan kinerja pada praktikum Identifikasi Unsur C dan H dalam Senyawa Karbon. Instrumen penilaian aspek psikomotorik pada praktikum dikembangkan melalui empat tahap, yaitu analisis produk yang dikembangkan, pengembangan produk awal, validasi ahli, dan uji coba lapangan disertai penilaian guru. Kelayakan instrumen penilaian aspek psikomotorik pada praktikum ditinjau dari validitas teoritis, reliabilitas dan penilaian oleh guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan angket terbuka, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi (instrumen penilaian aspek psikomotorik yang dikembangkan) dan lembar instrumen penilaian produk berupa angket. Sedangkan teknik analisis data meliputi pengolahan data validitas dan realiabilitas instrumen, serta pengolahan data hasil penilaian guru. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan memenuhi kriteria instrumen yang baik dari hasil validitas teoritis, memiliki reliabilitas tinggi sebesar 0,89 pada paraktikum Daya Hantar Lisrtrik pada Larutan dan 0,85 pada praktikum Identifikasi Unsur C dan H dalam Senyawa Karbon, serta memenuhi kualitas sangat baik berdasarkan penilaian 3 guru kimia SMA/MA dengan persentase keidealan sebesar 93,05\%. Sehingga dari hasil validitas teoritis, reliabilitas, dan penilaian, instrumen penilaian yang dikembangkan dikategorikan memenuhi syarat sebagai instrumen penilaian yang baik dan layak digunakan untuk mengukur kemampuan psikomotorik peserta didik. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Psikomotorik, Praktikum Kimia, Panduan Observasi, Keterampilan Kinerja } }