@phdthesis{digilib8120, month = {May}, title = {PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB B/C WIYATA DHARMA 4 GODEAN YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09470116 NUR FITRIANA }, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8120/}, abstract = {Latar belakang masalah penelitian ini adalah kenyataan bahwa anak berkebutuhan khusus tunagrahita memiliki kesempatan yang sama seperti anak normal lainnya dalam memperoleh pendidikan khususnya pendidikan agama Islam yang akan memberikan pedoman hidup. Akan tetapi proses belajar anak ? anak tunagrahita berbeda dengan anak ? anak normal lainnya dan terdapat banyak kendala atau permasalahan ? permasalahan dalam pembelajaran khususnya pembelajaran Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara kritis tentang Proses pembelajaran PAI di SLB B/C Wiyata Dharma 4 Godean Yogyakarta, problematika yang dihadapi dalam pembelajaran PAI dan upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SLB B/C Wiyata Dharma 4 Godean Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung (participant observation), wawancara mendalam (in-depth interview) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dilakukan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pembelajaran PAI pada anak tunagrahita lebih ditekankan pada modifikasi kurikulum PAI yang disesuaikan dengan kemampuan siswa yang diajarkan dengan metode individual dan strategi tematik dengan tujuan untuk pembentukan sikap dan perilaku yang baik berdasarkan ajaran agama Islam sehingga hasil dari pembelajaran PAI diharapkan anak ? anak tunagrahita memiliki akhlak yang baik dan dapat menerapkan PAI dalam kehidupan sehari ? hari. (2) Problematika yang dihadapi dalam pembelajaran PAI antara lain problem dari guru, problem dari siswa, problem kurikulum, problem sarana prasarana, dan problem dari orang tua. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang terjadi adalah dengan memodifikasi kurikulum PAI agar sesuai dengan kondisi ketunaan siswa, menerapkan prinsip ? prinsip pembelajaran sesuai dengan kondisi anak tunagrahita misalnya pembelajaran yang diindividualkan secara Dril, kesadaran dari pendidik orang tua dan masyarakat untuk tidak terlalu menuntut anak memahami agama terlalu tinggi, yang terpenting anak bisa menerapkan agama dalam kehidupan sehari-harinya} }