eprintid: 8121 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/81/21 datestamp: 2013-06-11 11:38:32 lastmod: 2017-02-01 02:15:35 status_changed: 2013-06-11 11:38:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YULVERA DIAH NURAENI , NIM. 09480071 title: PERAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN KEBONREJO 1 SALAMAN MAGELANG ispublished: pub subjects: P divisions: pgmi full_text_status: restricted abstract: YULVERA DIAH NURAENI. 2013. Peran Tata Tertib Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDN Kebonrejo 1 Salaman Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa suatu lembaga pendidikan sekolah tata tertib sangatlah diperlukan dalam mengatur, mendisiplinkan, dan mendidik siswa. Disiplin tata tertib sekolah merupakan sesuatu yang penting karena mempunyai fungsi yang bermanfaat. Untuk mendisiplinkan siswa perlu adanya hukuman yang perlu di terapkan bagi pelanggar disiplin tata tertib. Keberhasilan belajar juga dapat diciptakan melalui kedisiplinan siswa dalam belajar. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apa saja tata tertib sekolah dan implementasinya yang ada di sekolah SDN Kebonrejo I Salaman Magelang? (2) Bagaimana peran tata tertib sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SDN Kebonrejo I Salaman Magelang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru, staff karyawan dan siswa di SDN Kebonrejo 1 Salaman Magelang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tata tertib sekolah di SDN Kebonrejo 1 Salaman Magelang, meliputi: Tata tertib siswa, Siswa wajib datang sebelum jam pelajaran dimulai, siswa wajib berpakaian seragam sekolah, pada saat pelajaran pendidikan jasmani siswa wajib mengenakan pakaian olahraga, pelajaran diawali dan diakhiri dengan doa dan penghormatan kepada guru kelas, keluar masuk kelas harus tertib, dan bagi siswa yang melanggar tata tertib di atas akan dikenakan sanksi. Tata tertib guru, Guru datang 15 menit sebelum pelajaran dimulai, guru datang menandatangani daftar hadir, mengatur siswa yang akan masuk kelas dengan berbaris secara teratur, membuat program semester, membuat persiapan mengajar sebelum mengajar, membantu kesulitan yang mengalami kesulitan belajar, dan ikut bertanggung jawab dalam penjagaan keamanan sekolah. (2) Tata tertib sekolah sangat berperan terhadap prestasi belajar siswa. Pelaksanaan dan pembiasaan mentaati peraturan tata tertib di SD Negeri Kebonrejo 1 Salaman Magelang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, yaitu disiplin waktu, disiplin belajar, percaya diri, tanggung jawab, dan rasa nasionalisme. Pembiasaan mematuhi tata tertib di atas tentunya ada hasil yang dicapai sebagai bentuk keberhasilan tata tertib dalam meningkatkan prestasi belajar. Adapun prestasi yang telah dicapai oleh SD Negeri Kebonrejo 1 Salaman Magelang adalah prestasi ini dapat ditunjukkan dengan Nilai rata-rata ulangan harian kelas I-VI pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 di atas nilai KKM. Kata kunci: Tata tertib, Disiplin, Prestasi Belajar date: 2013-05-10 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: YULVERA DIAH NURAENI , NIM. 09480071 (2013) PERAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN KEBONREJO 1 SALAMAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8121/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8121/2/BAB%20II%2C%20III.pdf