%0 Thesis %9 Skripsi %A NURUL INAYATUSH SHOKHIKHAH, NIM. 09420022 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:8122 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T STUDI KORELASI ANTARA PERAN GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs NEGERI KEDU TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2012/2013 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8122/ %X Nurul Inayatush Shokhikhah, Studi Korelasi Antara Peran Guru dan Gaya Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Negeri Kedu Temanggung Tahun Ajaran 2012/2013, Skripsi, Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru bahasa Arab sebagai pembimbing, bagaimana gaya belajar mandiri siswa dan adakah hubungan yang positif dan signifikan antara peran guru sebagai pembimbing dan gaya belajar mandiri secara bersama-sama dengan prestasi belajar bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, tes, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran guru bahasa Arab sebagai pembimbing secara rata-rata ada pada taraf baik dengan nilai mean skor 123,25 dan standar deviasi 9,618. Gaya belajar mandiri siswa secara rata-rata pada kategori baik dengan nilai mean skor 113,06 dan standar deviasi 9,567. Besarnya harga koefisiensi korelasi hitung antara peran guru sebagai pembimbing dengan prestasi belajar bahasa Arab yaitu 0,044 lebih kecil dari harga r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,169. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara peran guru sebagai pembimbing dengan prestasi belajar bahasa Arab ditolak. Besarnya harga koefisiensi korelasi hitung antara gaya belajar mandiri dengan prestasi belajar bahasa Arab yaitu 0,100 lebih kecil dari harga r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,169. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara gaya belajar mandiri dengan prestasi belajar bahasa Arab ditolak. Setelah menguji signifikansi koefisien korelasi ganda, diketahui besarnya rx 1 x y sebesar 0,010 hal ini menunjukkan keeratan hubungan antara peran guru sebagai pembimbing dan gaya belajar mandiri secara bersama-sama dengan prestasi belajar bahasa Arab sebesar 1%. Sedang harga F hitung 0,694 sedangkan besarnya harga F tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 3,04 lebih kecil dari F tabel pada taraf signifikani 5%. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara peran guru sebagai pembimbing dan gaya belajar mandiri dengan prestasi belajar bahasa Arab ditolak.