%A - JAUHAR HATTA HASAN %J AL-BIDAYAH Jurnal Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahI vol 1 no 1 Juni 2009 %T URGENSI KISAH-KISAH DALAM AL-QUR’AN AL-KARIM BAGI PROSES PEMBELAJARAN PAI PADA MI/SD %X Kisah-kisah umat terdahulu merupakan bagian dari isi kitab suci al-Qur’an. Pada periode awal turunnya al-Qur’an mayoritas masyarakat Makkah tidak percaya pada risalah yang dibawa Rasulullah SAW. Mereka justeru menganggap bahwa al-Quir’an itu hanyalah dongeng masa lalu (asāthir al-awwalīn). Meski demikian, realitas yang trerjadi semakin lama mereka mendengar ayat-ayat al-Qur’an justeru semakin banyak yang beriman. Kisah-kisah dalam al-Qur’an yang banyak diturunkamn pada saat Nabi SAW di Makkah justeru menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka. Dari sini nampak metode pembelajarannyang mengutamakan kisah-kisah patut dipertimbangkan untuk digunakan dalam mengajarkan PAI di kalangan pemula. %D 2009 %K Kisah Alqur’an, Pembelajaran PAI MI/SD %L digilib8139