eprintid: 814 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/08/14 datestamp: 2012-05-05 17:10:27 lastmod: 2016-12-27 01:53:33 status_changed: 2012-05-04 16:39:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ATINA MUFLIHAH - NIM: 02210922, title: STRATEGI PEMASARAN RADAR JOGJA DALAM MEMPERLUAS PASAR DI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: KD subjects: PA divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Surat Kabar, Pemasaran note: Pembimbing : Drs. Moch. Sahlan M.Si. abstract: ABSTRAK Akhir-akhir ini persaingan di dunia pers semakin ketat. Baik dari segi membidik pembaca maupun mencari pemasang iklan. Semakin banyaknya surat kabar-surat kabar yang bermunculan berarti semakin sulitnya persaingan yang terjadi diantara perusahaan-perusahaan surat kabar. Akan tetapi tidak sedikit surat kabar-surat kabar yang baru berdiri tersebut tidak dapat berdiri lama. Apalagi setelah krisi moneter yang melanda Indonesia. Ditambah biaya cetak dan kertas yang terus meningkat. Bagaimanapun media masa memang tidak bisa lepas dari faktor ekonomi, artinya media masa tidak bisa lepas dari keindustrian, faktor finansial sangat mempengaruhi kerja media masa. Kegagalan tersebut haruslah bisa dipahami sebagai kesalahan dalam manajemen perusahaan media masa yang bersangkutan. Harus di pahami memang walaupun media masa berfungsi sosial akan tetapi harus diperhatikan pula eksistensi dari nilai jual tersebut, maksudnya adalah harus ada perbedaan format berita yang di suguhkan agar ada nilai beda dengan media masa yang lainnya. Semakin beda akan semakin memberi nilai jual pada media masa yang bersangkutan. Hal ini juga sebagai bahan pertimbangan bahwa persaingan di media masa sangat ketat. Dan persaingan itu bukan hanya dari sesama perusahaan Surat Kabar akan tetapi juga dari media masa lainnya seperti majalah, televisi dan juga radio. Dalam kondisi seperti ini profesionalisme pengelolaan surat kabar mutlak diperlukan, salah satunya melalui penerapan pemasaran surat kabar yang baik. Selain dituntut menghasilkan produk jurnalistik yang bagus juga harus diimbangi dengan kinerja pemasaran yang baik pula. Berdasar hal tersebut di atas, maka penulis mencoba untuk mengetahui berbagai strategi pemasaran yang digunakan Radar Jogja dalam meraih pasar (pelanggan pembaca maupun pemasang iklan) di Yogyakarta. Serta untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung yang dialami oleh Radar Jogja, karena bagaimanapun setiap usaha pasti ada faktor pendukung maupun penghambatnya date: 2008-06-09 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Dakwah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-06-09 12:14:36 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--atinamufli-72-1-atinamu-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/2/digilib-uinsuka--atinamufli-72-1-atinamu-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=138 ; nama file lama : ATINA MUFLIHAH 02210922 STRATEGI PEMASARAN RADAR JOGJA DALAM MEMPERLUAS PASAR DI YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 4851831 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ATINA MUFLIHAH - NIM: 02210922, (2008) STRATEGI PEMASARAN RADAR JOGJA DALAM MEMPERLUAS PASAR DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/814/1/BAB%20I%2C%20iV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/814/2/BAB%20II%2C%20III.pdf