relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8142/ title: PENGGUNAAN PENDEKATAN LEARNING BY PLAYING PADA PEMBELAJARAN SAINS MI/SD creator: FATONAH, Siti subject: Metode Pembelajaran description: Usia anak Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia pada umumnya berkisar antara 6-12 tahun. Pada usia tersebut berdasarkan teori kognitif yang dikemukakan oleh Piaget termasuk dalam fase operasional konkrit, dimana aspek berfikir siswa cenderung pada hal-hal yang konkrit. Anak juga masih senang bermain, karena bermain adalah suatu kebutuhan bagi anak. Sesuai dengan kondisi psikologis anak dan kondisi fisik anak yang masih dalam pertumbuhan, maka rancangan pembelajaran yang disusun dengan bermain, membuat anak belajar sesuai dengan tuntutan taraf perkembangannya. Oleh karena itu pendekatan learning by playing sangat cocok diterapkan pada pelajaran sains tingkat SD/MI, karena didasari aspek psikologi siswa yang masih senang bergerak dan aspek berfikirnya yang cenderung pada hal-hal yang konkrit. publisher: PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA date: 2009-06-01 type: Article type: PeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8142/1/SITI%20FATONAH%20PENGGUNAAN%20PENDEKATAN%20LEARNING%20BY%20PLAYING.pdf identifier: FATONAH, Siti (2009) PENGGUNAAN PENDEKATAN LEARNING BY PLAYING PADA PEMBELAJARAN SAINS MI/SD. AL BIDAYAH, Vol. 1 (No. 1). pp. 65-79. ISSN 2085-0034