relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8142/
title: PENGGUNAAN PENDEKATAN LEARNING BY PLAYING  PADA PEMBELAJARAN SAINS MI/SD  
creator: FATONAH, Siti
subject: Metode Pembelajaran
description: Usia anak Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia pada umumnya berkisar  antara 6-12 tahun. Pada usia tersebut berdasarkan teori kognitif yang dikemukakan oleh Piaget  termasuk dalam fase operasional konkrit, dimana aspek berfikir siswa cenderung pada hal-hal  yang konkrit. Anak juga masih senang bermain, karena bermain adalah suatu kebutuhan bagi  anak. Sesuai dengan kondisi psikologis anak dan kondisi fisik anak yang masih dalam  pertumbuhan, maka rancangan pembelajaran yang disusun dengan bermain, membuat anak  belajar sesuai dengan tuntutan taraf perkembangannya. Oleh karena itu pendekatan learning by  playing sangat cocok diterapkan pada pelajaran sains tingkat SD/MI, karena didasari aspek  psikologi siswa yang masih senang bergerak dan aspek berfikirnya yang cenderung pada hal-hal  yang konkrit.
publisher: PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA
date: 2009-06-01
type: Article
type: PeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8142/1/SITI%20FATONAH%20PENGGUNAAN%20PENDEKATAN%20LEARNING%20BY%20PLAYING.pdf
identifier:   FATONAH, Siti  (2009) PENGGUNAAN PENDEKATAN LEARNING BY PLAYING PADA PEMBELAJARAN SAINS MI/SD.  AL BIDAYAH, Vol. 1 (No. 1).  pp. 65-79.  ISSN 2085-0034