%0 Journal Article %A EVA LATIPAH, - %D 2009 %F digilib:8145 %J AL-BIDAYAH Jurnal Pendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahI vol 1 no 1 Juni 2009 %K diagnosa, potensi %T STRATEGI PENGENALAN POTENSI ANAK %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8145/ %X Pada dasarnya manusia memiliki dua kemampuan besar yaitu kemampuan aktual dan kemampuan potensial. Kemampuan aktual merupakan kemampuan yang ada saat ini, kemampuan yang telah nampak. Ini dapat dilihat (sebagian) misalnya dari skor IQ, skor TOEFL, dan nilai akademik. Kemampuan potensial merupakan kemampuan yang belum nampak, kemampuan yang memiliki kesempatan untuk berkembang; Oleh karenanya untuk mengembangkannya memerlukan stimulan-stimulan dari lingkungan (pendidikan, orang tua, guru, nutrisi), misalya talenta. Artikel ini mencoba untuk mengidentifikasi beberapa potensi dan bagaimana cara untuk mengidentifikasinya. Untuk mengidenifikasi potensi diperlukan bagi para guru untuk memahami anak-anaknya yaitu dengan memahami pertumbuhan anak dan tugas-tugas perkembangan untuk setiap tahapannya. Cara untuk mengidentifikasi potensi anak dapat menggunakan dua hal yaitu dengan mengidentifikasi bakat anak dan mengetahui minatnya (kepribadian anak). Bakat anak dapat diidentifikasi dari kemampuan umum (inteligensi), kreativitas, dan motivasi.