@phdthesis{digilib8184, month = {August}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ATI (Aptitude Treatment Interaction) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMP ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08680035 RATNA CHRISTIANDINI}, year = {2012}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8184/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar biologi pada materi Sistem Peredaran Darah siswa kelas VIII B SMP Ali Maksum Yogyakarta dengan model pembelajaran ATI, 2) Mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi pada materi Sistem Peredaran Darah siswa kelas VIII B SMP Ali Maksum Yogyakarta dengan model pembelajaran ATI. Penelitian model ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/CAR). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Ali Maksum Yogyakarta tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 18 siswa. Keberhasilan penelitian ini ditunjukkan oleh keberhasilan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Keberhasilan peningkatan motivasi belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi dan angket, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pre-tes dan post-tes. Data motivasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memaparkan persentase rata-rata motivasi belajar siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pre-tes dan post-tes dengan teknik effect size, yaitu membandingkan rerata nilai post-tes siklus I dan rerata nilai post-tes siklus II. Pembelajaran menggunakan Model ATI (Aptitude Treatment Interaction)dapat terlaksana di kelas VIII B SMP Ali Maksum Yogyakarta. Siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan Model Pembelajaran ATI dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 9,49\% pada siklus II. Rata-rata nilai post-tes siklus I adalah 5,9, dan rata-rata nilai post-tes siklus II adalah 8,1. Jadi, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari tiap siklusnya dengan effect size sebesar 2,2. Keyword: ATI (Aptitude Treatment Interaction), motivasi dan hasil belajar.} }