TY - THES ID - digilib8186 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8186/ A1 - RIANA DEWI ASTARI, NIM. 08670066 Y1 - 2012/10/15/ N2 - Miskonsepsi yang terjadi pada konsep dasar dapat menghambat peserta didik untuk memahami materi yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ciri proses dan produk pada pengembangan three-tier test sebagai instrumen dalam identifikasi miskonsepsi pada konsep atom, ion dan molekul serta mengetahui kelayakan three-tier test yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian guru IPA SMP/MTs. Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Pengembangan three-tier test mendapat masukan dari ahli evaluasi, ahli materi dan peer reviewer. Subjek penilai kualitas three-tier test meliputi 5 guru IPA SMP/MTs di Yogyakarta yang bertindak sebagai reviewer. Instrumen penilaian three-tier test berupa lembar penilaian yang berisi 4 aspek yaitu materi, konstruksi soal, bahasa dan tampilan. Produk akhir penelitian ini berupa three-tier test, di mana setiap butir soal pada three-tier terdiri atas tiga rangkaian soal bertingkat, yaitu soal pilihan ganda biasa, pilihan alasan dan penegasan apakah peserta didik yakin atau tidak akan jawaban yang diberikan pada tingkat sebelumnya. Three-tier test yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Baik (B) menurut penilaian 5 guru IPA SMP/MTs dengan skor 61,4 dari skor maksimal 75. Dengan demikian, three-tier test yang telah dikembangkan dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada konsep atom, ion dan molekul. Kata kunci : instrumen miskonsepsi, three-tier test, IPA SMP/MTs, atom, ion, molekul PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN THREE?TIER TEST SEBAGAI INSTRUMEN DALAM IDENTIFIKASI MISKONSEPSI KONSEP ATOM, ION, DAN MOLEKUL AV - restricted ER -