<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI \r\nMINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X\r\nSEMESTER GENAP \r\n"^^ . "Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sumber belajar kimia \r\nuntuk siswa difabel netra. Tujuannya adalah untuk (1) mengembangkan produk\r\nmodul kimia berhuruf Braille dengan pendekatan kontekstual, (2) mengetahui\r\nkualitas modul yang telah dikembangkan tersebut berdasarkan penilaian guru\r\npengajar siswa difabel netra SMA/MA, dan (3) mengetahui respon siswa difabel\r\nnetra kelas X SMA/MA terhadap modul kimia berhuruf Braille. \r\nModel pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yang\r\nbersifat deskriptif dan diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall.\r\nProsedur dalam penelitian ini dikemas dalam 4 tahap, yaitu tahap perencanaan,\r\npengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Produk awal modul kimia\r\nberhuruf Braille ini ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan\r\npeer reviewer . Subyek penilai kualitas modul kimia berhuruf Braille ini meliputi\r\n2 orang guru kimia SMA/MA inklusi, 1 orang Guru Pendamping Khusus (GPK)\r\nSMA/MA inklusi, 1 orang guru ahli Braille SMALB. Selain itu, modul ini juga\r\ndirespon oleh 10 orang responden siswa difabel netra SMA/MA inklusi di\r\nYogyakarta. Instrumen penilaian modul kimia berhuruf Braille berupa angket\r\nyang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian kualitas yang dilakukan meliputi\r\n9 aspek penilaian, yaitu aspek pendekatan penulisan, kebenaran konsep,\r\nkedalaman dan keluasan konsep, bahasa dan kejelasan kalimat, penampilan fisik,\r\nketerlaksanaan, evaluasi belajar, tata letak, dan tipografi. Hasil penilaian dan\r\nrespon berupa data kuantitatif, kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria\r\nkategori penilaian ideal dan persentase keidealan untuk menentukan kualitas\r\nmodul kimia berhuruf Braille. \r\nModul yang telah dikembangkan dengan karakteristik proses dan produk \r\nini mendapatkan kualitas Baik (B) menurut penilaian guru pengajar siswa difabel\r\nnetra SMA/MA. Skor rata-rata yang diperoleh sebesar 132,25 dari skor rata-rata\r\nmaksimal 160 dan persentase keidealan 82,65%. Selain itu, modul ini mendapat\r\nrespon positif dari siswa difabel netra dengan persentase 95% dan skor rata-rata\r\n11,4 dari skor rata-rata maksimal 12. Berdasarkan hal tersebut, maka modul ini\r\nlayak digunakan sebagai sumber belajar mandiri penunjang pelajaran kimia bagi\r\nsiswa difabel netra.\r\n\r\n \r\nKata Kunci: Modul kimia berhuruf Braille, pendekatan kontekstual, minyak\r\nbumi, siswa difabel netra, kimia SMA"^^ . "2012-10-11" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08670072"^^ . "RIZAL FAOJI"^^ . "NIM. 08670072 RIZAL FAOJI"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI \r\nMINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X\r\nSEMESTER GENAP \r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI \r\nMINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X\r\nSEMESTER GENAP \r\n (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI \r\nMINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X\r\nSEMESTER GENAP \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI \r\nMINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X\r\nSEMESTER GENAP \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI \r\nMINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X\r\nSEMESTER GENAP \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI \r\nMINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X\r\nSEMESTER GENAP \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI \r\nMINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X\r\nSEMESTER GENAP \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI \r\nMINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X\r\nSEMESTER GENAP \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI \r\nMINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X\r\nSEMESTER GENAP \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS\r\nKONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI \r\nMINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X\r\nSEMESTER GENAP \r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #8188 \n\nPENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS \nKONTEKSTUAL DENGAN HURUF BRAILLE PADA MATERI \nMINYAK BUMI UNTUK SISWA DIFABEL NETRA KELAS X \nSEMESTER GENAP \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Kimia" . .