eprintid: 820
rev_number: 18
eprint_status: archive
userid: 82
dir: disk0/00/00/08/20
datestamp: 2012-05-05 18:32:21
lastmod: 2016-12-14 03:59:04
status_changed: 2012-05-04 16:39:58
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: ERI KURNIAWAN - NIM. 03430349,  
title: UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (Siswa Kelas IX D MTsN Ngemplak Sleman) 
ispublished: pub
subjects: Matematika
divisions: jur_pemat
full_text_status: restricted
keywords: Alat peraga, Media Pembelajaran dan Prestasi belajar
note: Pembimbing : Rosnawati, M.Si.
abstract:  ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui penggunaan alat peraga sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IX D MTsN Ngemplak Sleman.  Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas IX D  MTsN Ngemplak Sleman semester I Tahun pelajaran 2007/2008 dengan jumlah siswa 34 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test (yaitu pre-test dan post-test pada setiap siklus), observasi, dan wawancara tidak terstruktur. Hasil validitas test menunjukkan 6 butir soal untuk siklus I dan siklus II, semuanya valid. Sehingga jumlah butir yang terpakai untuk selanjutnya diujikan adalah sama. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan  pembelajaran matematika  dengan media pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa adalah: a) Guru memberikan permasalahan mengenai pokok BRSL. b) Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. c) Guru membagikan LKS dan alat peraga BRSL kepada tiap kelompok. Alat peraga berupa model yaitu berbentuk tabung untuk menentukan volum tabung. Alat peraga kerucut dan tabung yang tinggi dan diameternya sama untuk menentukan volum kerucut serta pada pertemuan selanjutnya alat peraga berupa setengah bola dan kerucut yang ukuran tinggi kerucut sama dengan jari-jari bola dan ukuran diameter alas kerucut sama dengan diameter bola untuk menentukan volum bola. d) Siswa melakukan diskusi kelompok dengan bermain menggunakan alat peraga dimana alat peraga ini berguna untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada LKS. e) Siswa menempelkan hasil diskusinya di depan dan mempresentasikan hasil diskusinya tersebut. 2) Penghitungan secara statistik menyatakan bahwa nilai effect size siklus I dan siklus II adalah 8,88 dan 13,74, yang diuji dengan menggunakan uji-t dan diperoleh hasil nilai thit   ttab yaitu -3,235   2,034 atau sig   amp;#61537; yaitu 0.848   0.05. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran siklus II lebih baik dari siklus I.; 3) Pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga dapat  meningkatkan keaktifan siswa, dimana dengan siswa menggunakan alat peraga secara sendiri, menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami  meningkatan sebesar 31,33%, yaitu dari 59,67% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II; 4) Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan alat peraga menunjukkan bahwa 97,06% siswa tertarik terhadap pembelajaran ini, 95,1% siswa menyatakan lebih mudah memahami konsep yang diberikan, 94,12 % siswa memberikan perhatian yang positif terhadap pembelajaran ini, dan aktifitas siswa selama pembelajaran berlangsung juga mengarah ke hal-hal positif, yaitu dari tanggapan siswa sebesar 91,18%. Siswa juga sangat antusias dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika, hal ini dapat diketahui dari hasil wawancara dengan sisw 
		
		
	
date: 2008-06-10
date_type: published
institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
department: Fakultas Saintek
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
refereed: TRUE
referencetext: 	update terakhir : 2008-06-10 12:42:09 ; 
	nama file diserver lama : digilib-uinsuka--erikurniaw-81-1-erikurn-g.pdf ; 
	letak file diserver lama : ./files/disk1/2/digilib-uinsuka--erikurniaw-81-1-erikurn-g.pdf ; 
	url download server lama : /download.php?id=147 ; 
	nama file lama : ERI KURNIAWAN 03430349 UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN R ; 
	format file : application/pdf ; 
	besar file : 3827853 Kb. 
	penulis :  ; 
	
	Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.
citation:   ERI KURNIAWAN - NIM. 03430349,   (2008) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG (Siswa Kelas IX D MTsN Ngemplak Sleman).  Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/820/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/820/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf