TY - THES ID - digilib8228 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8228/ A1 - UMU BAROROH, NIM. 09140010 Y1 - 2013/05/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kerjasama guru dan pustakawan dalam pemanfaatan perpustakaan di SMAN 1 Kedungreja Cilacap Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel independen (kerjasama guru dan pustakawan) dan variabel dependen (pemanfaatan perpustakaan). Jenis penelitian ini adalah penelitian populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya metode observasi, dokumentasi dan kuesioner atau angket. Uji validitas data menggunakan rumus korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas data menggunakan rumus Alpha Cronbach. Metode analisis data yang menggunakan rumus korelasi Product Moment dan diolah menggunakan software SPSS version 17 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa kerjasama guru dan pustakawan tergolong sangat tinggi terbukti dengan nilai rata-rata (Grand Mean) sebesar 3,54. Sedangkan untuk pemanfaatan perpustakaan tergolong tinggi terbukti dengan nilai rata-rata (Grand Mean) sebesar 3,22. Ada hubungan yang signifikan antara kerjasama guru dan pustakawan dalam pemanfaatan perpustakaan di SMAN 1 Kedungreja Cilacap Jawa Tengah. Hal tersebut dapat dillihat dari hasil uji hipotesis, diketahui nilai koefisien korelasi sebesar 0, 636, dimana r hitung > r tabel pada taraf signifikan 5% yaitu r tabel 0,355, artinya semakin banyak kerjasama guru dan pustakawan maka semakin tinggi pula pemanfaatan perpustakaan di SMAN 1 Kedungreja Cilacap Jawa Tengah. Diharapkan kerja sama yang dilakukan guru dan pustakawan mampu membawa pemustaka jauh dari krisis ilmu pengetahuan yang banyak diperoleh dari memanfaatkan perpustakaan. Kata kunci: kerjasama guru dan pustakawan dan pemanfaatan perpustakaan PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - HUBUNGAN KERJASAMA GURU DAN PUSTAKAWAN DALAM PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DI SMAN 1 KEDUNGREJA CILACAP JAWA TENGAH AV - restricted ER -