%A NIM. 09220063 LAELY RAHMAWATI %T METODE GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI PERILAKU MEMBOLOS BAGI SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH KEBUMEN %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan bentuk dan faktor perilaku membolos serta metode yang digunakan guru bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku membolos bagi siswa kelas XI jurusan IPA dan IPS pada tahun ajaran 2012/2013 di SMA Muhammadiyah Kebumen. Metode guru bimbingan dan konseling dalam penelitian ini diartikan sebagai cara dan sarana yang digunakan guru bimbingan dan konseling untuk menangani perilaku membolos siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan yaitu interview dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah ditarik kesimpulan. Guru bimbingan konseling disini dijadikan menjadi subjek utama penelitian sedangkan bidang kesiswaan, wali kelas, dan siswa yang pernah membolos menjadi subjek pendukung. Bentuk dan faktor perilaku membolos yang dilakukan oleh siswa SMA Muhammadiyah Kebumen meliputi bentuk membolos satu jenis mata pelajaran atau beberapa mata pelajaran dan membolos seharian, dimana dari kedua bentuk membolos tersebut dilatar belakangi oleh beberapa faktor yaitu faktor pribadi siswa, faktor keluarga, faktor lingkungan, faktor teknologi dan faktor sekolah. Cara guru bimbingan dan konseling dalam menangni perilaku membolos siswa di SMA Muhammadiyah Kebumen meliputi cara bimbingan klasikal kelas ( cara ini ditujukan kepada semua siswa khususnya siswa yang pernah membolos ) , cara individu ( cara ini ditujukan kepada siswa yang sudah pernah membolos, guru BK biasanya melakukan konseling baik di dalam maupun di luar ruang BK ) ,cara konseling kelompok ( cara ini di gunakan apabila banyak dari siswa yang membolos, jadi penyelesaian masalah dilakukan secara bersama-sama ) , kerjasama dengan orang tua siswa ( cara ini digunakan apabila siswa sudah membolos minimal selama tiga kali, pemanggilan ini dapat terlaksana apabila disetujui oleh kepala sekolah, kerjasama orang tua juga dilaksanakan dalam hal pengawasan anak ketika dirumah ) , home visite ( tujun dari home visite yaitu agar orang tua wali mengetahui keadaan anaknya di sekolah dan untuk menyambung tali silaturahmi ) , cara pengamatan ( yaitu dengan mengamati perilaku siswa yang sering membolos dengan cara mencari informasi dari teman satu kelas siswa atau mengecek langsung dalam buku absensi siswa sehari-hari ) . Sedangkan sarana yang digunakan guru bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku membolos bagi siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah Kebumen yaitu sarana yang bersifat non fisik seperti contoh sikap dan contoh tauladan, sarana lainnya yaitu sarana fisik yang meliputi buku catatan kejadian siswa, ruang BK, handphon. Kata Kunci: guru bimbingan dan konseling, cara dan sarana bimbingan dan konseling %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib8264