%A NIM. 09470064 ANI ROFIKOTUL HIDAYAH %T MANAJEMEN KURIKULUM KETERAMPILAN HIDUP DALAM MENYIAPKAN PRIBADI SISWA YANG MANDIRI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA %X Latar belakang dari penelitian ini adalah pada era globalisasi saat ini lembaga pendidikan perlu mempersiapkan kurikulum keterampilan hidup mandiri sebagai terobosan baru menghadapi tantangan zaman yang semakin ketat dengan persaingan, MAN Godean yang mayoritas siswanya berasal dari keluarga kurang mampu berusaha membantu dengan cara memberikan bekal keterampilan kepada para siswanya supaya ketika lulus dari madrasah mereka tidak menjadi pengangguran,. Rumusan masalah dari penelitian ini meliputi: 1) bagaimana program kurikulum keterampilan hidup mandiri di MAN Godean Sleman?. 2) bagaimana manajemen penerapan kurikulum keterampilan hidup mandiri di MAN Godean Sleman?. 3) bagaimana hasil dari manajemen kurikulum program keterampilan hidup mandiri dalam menyiapkan pribadi siswa yang mandiri di MAN Godean Sleman?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang manajemen kurikulum yakni kurikulum keterampilan hidup mandiri, untuk mengetahui program kurikulum keterampilan hidup mandiri dan manajemen penerapan kurikulum keterampilan hidup mandiri serta untuk mengetahui hasil dari manajemen kurikulum keterampilan hidup mandiri dalam menyiapkan pribadi siswa yang mandiri di MAN Godean Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa : 1) Program Kurikulum Keterampilan Hidup Mandiri di MAN Godean yakni berisi tentang tujuan, materi yang diajarkan, proses pembelajaran dan evaluasi dengan jumlah jam pembelajaran untuk keterampilan tata busana dan otomotif ialah 370 jam pelajaran sedangkan tata boga, sablon dan teknik komputer ialah 310 jam pelajaran. 2) Manajemen penerapan kurikulum KHM yaitu memasukan program keterampilan sebagai intrakurikuler dan kurikulumnya menempel dengan KTSP, dengan sistem pembelajarannya untuk teori 30% dan untuk praktek 70% yang dilaksanakan di ruang keterampilan dengan didampingi oleh guru pembimbing masing-masing bidang. 3) Hasil yang dicapai dari manajemen kurikulum KHM ialah sebagian alumninya bisa menjadi pribadi yang mandiri dan bermanfaat untuk orang sekitarnya. Pendidikan keterampilan sudah berhasil meskipun belum 100%, karena belum semua alumninya bisa memanfaatkan keterampilan yang dimilikinya. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Keterampilan Hidup, Pribadi yang Mandiri. %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib8281