%0 Thesis %9 Skripsi %A MAWAR UDIN, NIM. 09420065 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:8291 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PATALAN BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8291/ %X Mawar Udin, Penanaman Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif Patalan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Trabiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang penelitian ini adanya kondisi yang sangat memprihatinkan terhadap generasi penerus bangsa yang semakin jauh dari nilai-nilai karakter dan budaya bangsa. Melihat kondisi tersebut maka sekolah sebagai institusi pendidikan mempunyai tanggung jawab untuk membentuk dan mengembangkan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran bahasa Arab dalam pendidikan karakter, aplikasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab dan nilai-nilai karakter apa saja yang dikembangkan di dalam pembelajaran bahasa Arab. Subjek penelitian ini antara lain kepala madrasah, guru mata pelajaran bahasa Arab, penelitian ini menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penananam pendidikan karakter di MI Ma’arif Patalan Bantul memiliki tiga jalur yaitu melalui institusi madrasah, guru bahasa Arab, dan kurikulum. Pendekatan penanaman karakter di MI Ma’arif Patalan menggunakan knowing (pengenalan), feeling (menyukai), acting (tindakan). Nilai-nilai karakter yang dikembangkan di MI Ma’arif Patalan secara garis besar terdapat delapan belas nilai karakter. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh.