eprintid: 8292 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/82/92 datestamp: 2013-06-20 14:35:13 lastmod: 2017-04-19 06:43:21 status_changed: 2013-06-20 14:35:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DEWI KHOIRIATUL MUSLIHAH, NIM. 09420117 title: PENGARUH EKSTRA BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN SEMANU GUNUNGKIDUL ispublished: pub subjects: B divisions: jur_pba full_text_status: restricted abstract: Dewi Khoiriatul Muslihah (NIM. 09420117). Pengaruh Ekstra Baca Tulis Al- Qur'an terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa kelas VII MTs N Semanu Kabupaten Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Program Strata I Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Ekstra Baca Tulis Al-Qur'an (X) terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab ( Y ) siswa kelas VII MTs N Semanu Gunungkidul tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini mennjukkan bahwa: (1) , Ekstra baca tulis Al-Qur’an berada pada kategori sedang yaitu pada kelas interval 74 – 80 dengan skor 85,29 %. Pengkategorian ini dibedakan lagi menjadi positif ( Sangat tinggi, Tinggi, dan sedang ) dan negatif ( Rendah dan sangat rendah dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekstra baca tulis Al-Qur’an di MTsN Semanu Gunungkidul termasuk dalam kategori positif. (2) Prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII yang dilaksanakan di MTsN Semanu Gunungkidul berada pada kategori sedang yaitu pada kelas interval 74 - 80 dengan skor 88,294 %. Ekstra tersebut termasuk dalam kategori positif. (3) Diketahui dari perhitungan statistik terdapat pengaruh yang signifikan antara ekstra baca tulis Al-Qur'an (X) terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTsN Gunungkidul tahun ajaran 2012-2014. Hal ini berdasarkan hasil analisis menggunakan linier sederhana melalui program SPSS 16.00 for windows, yaitu diperoleh t hitung sebesar 2,848 dan hasil tersebut dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 34, yaitu 2,04. Dengan ketentuan jika t hitung > t tabel atau 2,848> 2,04 (5%), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, ada pengaruh yang signifikan antara ekstra baca tulis Al-Qur'an terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTsN Gunungkidul. date: 2013-06-10 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DEWI KHOIRIATUL MUSLIHAH, NIM. 09420117 (2013) PENGARUH EKSTRA BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTsN SEMANU GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8292/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8292/2/BAB%20II%2C%20III.pdf