%0 Thesis %9 Skripsi %A ISTIGHFARIN ZULI QUDSIATI, NIM. 09420029 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:8298 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8298/ %X Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru Bahasa Arab agar dapat mencapai tujuan pendidikan yang baik. Kegiatan belajar di kelas sangat dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh seorang guru, karena kompetensi tersebut menyangkut tentang kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MAN Tempel Sleman Yogyakarta. pengumpulan data dilakukan melalui observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Para guru Bahasa Arab di MAN Tempel memiliki kompetensi pedagogik cukup baik, namun masih ada kesenjangan mengenai pelaksanaan kompetensi guru antara proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas dengan rencana pembelajaran (RPP) yang disusu guru . (2) Upaya yang dilakukan sekoleh untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru Bahasa Arab yaitu dengan mengikutsertakan guru-guru bahasa arab dalam kegiatan pendidikan seperti MGMP ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran ), mengirimkan beberapa guru untuk mengikuti workshop, diklat, seminar, mengikuti sertifikasi guru dan pelatihan-pelatihan yang terkait dengan pendidikan.